Kisah tentang Si Putri Raja Cilik

“A Little Princess”

Penulis: Frances Hodgson Burnett

Jenis: Cerita anak

Tebal 312 halaman

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Ini kisah tentang Sara Crewe, seorang gadis cilik kelahiran India, anak Kapten Crewe yang dikenal sebagai orang kaya. Ketika berumur tujuh tahun, Sara masuk sebuah sekolah asrama di London milik Miss Minchin. Miss Minchin senang menerima Sara bukan karena perempuan itu menyukai anak-anak, melainkan karena Sara anak orang kaya dan itu akan menaikkan gengsi sekolah Miss Minchin.

Sara tergolong anak yang pintar dan pemikirannya terbilang dewasa serta ucapannya selalu serius. Ini juga yang disukai ayahnya. Dan di sekolah, Sara disukai murid-murid yang lebih muda usianya karena sikap Sara yang keibuan. Sahabat Sara di antaranya Ermengarde dan Lottie, serta seorang pelayan yang sebaya dengannya bernama Becky.

Selama empat tahun bersekolah di sana, kehidupan Sara baik-baik saja, walaupun murid-murid yang usianya lebih tua darinya tidak menyukainya. Bahkan sebagai anak orang kaya, Sara mendapat fasilitas istimewa di sekolah tersebut. Namun tepat di hari ulang tahunnya yang kesebelas, datang berita buruk. Kapten Crewe meninggal akibat stres. Bisnis yang dia jalankan bersama temannya bangkrut dan dia tidak menyisakan uang sesen pun untuk Sara. Miss Minchin berang. Dia merasa dirugikan sudah menerima Sara. Akhirnya Sara dijadikan pelayan. Dia harus tinggal di bilik bawah atap seperti Becky dan mengerjakan tugas-tugas berat.

Walaupun harus menjalani kehidupan yang menyedihkan, Sara mampu bertahan. Yang membuat takjub, dia masih memiliki rasa iba terhadap orang lain. Sara sering kelaparan. Tapi dia pernah melihat anak lain yang lebih kelaparan darinya dan memberinya roti. Sara memang tidak pernah putus asa dan mengeluh. Kemampuan berkhayalnya membuat Sara tetap tegar. Hal ini menarik perhatian seorang tetangga baru dan pelayannya yang menetap di rumah tepat di sebelah sekolah Miss Minchin.

Kalau kamu membaca cerita ini, niscaya kamu juga akan tertarik pada Sara Crewe. Karena kisah tentang si putri raja cilik ini bisa membuatmu sadar bahwa kesulitan apapun akan bisa kamu lalui jika kamu selalu sabar dan optimis.

Published by Rie Yanti

I am a writer at Warung Fiksi. Please visit this page to know me more. Don't forget to circle me at Google+.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.