Pelajaran Menulis dari Stephen King

“On Writing”

Penulis: Stephen King

Jenis: Otobiografi

Tebal: 416 halaman

Penerbit: Qanita

 

Membaca novel-novel horor dan thriller selalu membuat saya merinding. Karena itu saya selalu menghindari buku-buku Stephen King, John Grisham, meski saya baca juga The Da Vinci Code dan Angels and Demons-nya Dan Brown (soalnya The Da Vinci Code meledak di pasaran dan bikin saya penasaran). Ketika menemukan buku On Writing ini pun saya tidak lantas tergerak untuk membacanya. Sudah pasti, dugaan saya, ini salah satu novel horor karya King.

Ternyata, saya salah duga. Buku ini sama sekali bukan buku fiksi, melainkan sebuah buku tentang pelajaran menulis.

Hm, mungkin kurang tepat juga jika saya mengatakan kalau buku ini berisi pelajaran menulis. Sebab On Writing juga merupakan semacam otobiografi Stephen King sendiri, tentang kehidupan di masa kecilnya yang membentuk dia menjadi seorang penulis terkenal, sampai ketika dia mengalami kecelakaan tragis yang membuatnya menulis buku ini.

Kisah hidupnya tersebut dituturkan perlahan-lahan tanpa mengabaikan elemen-elemen penting yang mendukung kegiatan menulisnya. Ini membuat kita seperti diajari sesuatu tapi tidak digurui. Dan memang seperti itulah pelajaran menulis seharusnya disampaikan. Kalau pelajaran atau tips-tips menulis disampaikan seperti halnya resep masakan, niscaya kita akan cepat jenuh.

Stephen King memang tidak pelit membagi ilmu menulisnya. Beberapa ilmu menulis yang saya dapatkan dari buku ini yakni:

Disiplin

Stephen King biasanya menulis di pagi hari, sedangkan siang sampai malam dia gunakan untuk kegiatan lain semisal membaca buku, memperbaiki tulisan dan berkumpul bersama keluarga. Stephen King tidak akan keluar ruang kerjanya sebelum dia menyelesaikan tulisannya sesuai target. Misalnya dalam sehari dia harus menulis sebanyak 2000 kata, maka King tidak akan mendongakkan kepalanya untuk hal-hal di luar menulis sebelum dia menulis sebanyak 2000 kata!

Pantang menyerah

Sebelum Carrie, novel pertamanya diterbitkan, Stephen King harus mengalami beberapa penolakan untuk naskahnya. Namun karena bertekad kuat untuk menjadi penulis, dia pun tidak berhenti menulis. Hasilnya, seperti yang kita lihat sekarang: puluhan bukunya menjadi best seller! Begitu juga saat dia mengalami musibah yaitu ditabrak ketika sedang jalan-jalan sore. Tubuh King mengalami banyak kerusakan. Tapi toh, dia bisa juga menulis buku setebal 416  halaman ini.

Kejujuran

Bagi Stephen King, kejujuran adalah syarat utama seorang penulis sejati. Tulislah apa yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca. Biarkan pena menari mengikuti isi kepala.

Banyak membaca dan menulis

Memang, tidak ada cara lain untuk menjadi penulis selain dengan banyak membaca dan berlatih menulis. Saya tahu, banyak di antara kita yang suka sekali menulis tapi tidak suka membaca, atau bahasa halusnya, tidak punya waktu untuk membaca. Percayalah, penulis seperti ini tidak akan pernah mengalami kemajuan dalam karir kepenulisannya.

Alur, deskripsi, dialog

Ini merupakan tiga hal penting dalam membuat sebuah cerita. Alur adalah cerita itu sendiri, deskripsi merupakan gambaran mengenai situasi, dan dialog adalah elemen yang membuat tokoh-tokoh cerita hidup. Yang perlu diperhatikan, penggunaan ketiga elemen tersebut harus seimbang. Jika sebuah cerita kebanyakan deskripsi, misalnya, maka hasilnya akan sangat membosankan.

Matikan televisi

Tentu saja, akan sulit jika kita melakukan dua hal sekaligus, misalnya saja menulis dan menonton televisi. Selain itu, program-program televisi akan menggoda kita untuk berhenti menulis. Dengan menonton televisi, kita akan lebih banyak mengonsumsi ketimbang memproduksi.

Dengan bahasa yang mudah dimengerti dan adanya contoh-contoh tulisan konkret yang diberikan King untuk memperkuat teori-teorinya, On Writing cocok dibaca untuk para penulis pemula. Apa yang dibagikan Stephen King dalam buku ini akan membuat mereka tergerak untuk terus menulis.

One thought on “Pelajaran Menulis dari Stephen King

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *