Kisah Seekor Anjing Terlantar

“A Dog’s Life”

Penulis: Ann M. Martin

Jenis: Novel

Tebal: 215 halaman

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Bagaimana rasanya menjadi anjing terlantar? Simak kisah Squirrel, seekor anjing yang dilahirkan di sebuah gudang bersama kakaknya, Bone. Antara mereka dan manusia pemilik gudang terdapat jarak yang terbentang cukup panjang, jadi jangan pikir Squirrel beserta induknya dan Bone bisa mendapat makanan yang enak.

Suatu hari induk Squirrel meninggalkan gudang tanpa jelas ke mana dan kenapa. Membuat Squirrel dan Bone harus memulai kehidupan baru. Mereka lari ke jalan raya, nyaris tertabrak, dipelihara beberapa saat oleh manusia sebelum akhirnya mereka dibuang dalam keadaan terluka karena dienyahkan begitu saja dari dalam mobil, lalu tanpa diduga Squirrel dan Bone terpisah.

Squirrel harus hidup sendirian. Ia tinggal di hutan bermusim-musim lamanya, hingga ia menemukan teman bernama Moon. Tapi itu tidak berarti Squirrel dapat hidup tenang. Mereka harus menghadapi anjing-anjing liar yang ganas, bahkan sampai terjadi perkelahian di antara mereka. Malangnya, tidak satu pun manusia mengetahui hal tersebut dan Squirrel serta Moon harus mengobati sendiri luka mereka.

Petualangan berlanjut. Squirrel dan Moon berkelana ke kota. Mereka menemukan banyak makanan di sana, walau untuk mendapatkannya mereka harus bersaing dengan anjing-anjing terlantar lainnya. Kemudian ketika suatu hari mereka melihat ada anjing yang tertangkap, tahulah Squirrel dan Bone kalau kota bukanlah tempat yang aman bagi mereka.

Squirrel dan Moon kembali berkelana. Suatu hari saat akan berburu makanan, Moon tertabrak dan mati. Tapi Squirrel selamat. Bahkan ia dibawa ke dokter hewan dan dipelihara oleh keluarga yang sudah membuat Moon mati. Tapi lagi-lagi Squirrel harus mendapat perlakukan tidak menyenangkan dari tuannya. Setelah keluarga “baik hati” itu bosan, Squirrel pun ditinggalkan begitu saja di tempat mereka berlibur.

Squirrel harus meneruskan hidupnya sendirian. Kali ini ia lebih berhati-hati terhadap manusia. Namun hati Squirrel luluh juga manakala ia bertemu seorang wanita tua yang tinggal sendiri di rumahnya. Mereka akhirnya tinggal bersama dan menemani satu sama lain.

Novel ini sangat menarik karena menceritakan sebuah kehidupan yang tidak pernah kita tahu. Kehidupan seekor anjing terlantar yang jauh sekali nasibnya dari anjing-anjing peliharaan. Penyajiannya juga sangat apik, bahasanya mudah sekali dimengerti, membuat kita terhanyut dalam cerita yang dikisahkan Squirrel.

Novel ini sangat cocok dibaca oleh mereka yang penyayang anjing. Tapi bukan tidak mungkin, mereka yang tidak menyukai anjing pun akan menyukai buku ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *